Senin, 19 Februari 2018

Menara Kembar Petronas





Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Tower) yang terletak di pusat Kota Kuala Lumpur merupakan menara kembar tertinggi di dunia. 


Tingginya memang kalah dari Taipei 101 Building yang lebih tinggi 61 meter. Akan tetapi, untuk menara kembar, hingga saat ini Petronas adalah yang tertinggi di dunia.

Pembangunan menara yang terdiri atas 88 lantai ini memerlukan waktu lebih dari lima tahun, mulai perencanaan projek pada Januari 1992 sampai peresmian pada 31 Agustus 1999. 

 

Desain menara dibuat oleh Cesar Pelli and Associates dari Amerika Serikat yang bekerja sama dengan para arsitek Malaysia. Desain lantai untuk kedua menara diilhami oleh corak geometris Islam dengan bentuk bintang bersudut delapan.


Menara Petronas tampak kokoh karena diperkuat 13.200 meter kubik beton. Gedung ini memiliki pondasi sedalam 150 meter, sedangkan luarnya dilengkapi dengan dinding banyak segi yang terdiri atas 33.000 batang stainless steel dan 55.000 panel kaca yang dilapisi dengan penyejuk untuk menghindari silaunya sinar matahari. 



Kedua menara yang memiliki bobot 300 ribu ton itu dihubungkan oleh jembatan yang disebut skybridge (jembatan udara) di lantai 41 atau pada ketinggian 172 meter. Jembatan yang memiliki penopang di lantai 29 itu berfungsi untuk mempermudah mobilitas bagi pengguna menara 1 dan menara 2, sekaligus menjadi jalan alternatif dalam situasi darurat.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar